Follow Us @riichan

Tuesday 26 December 2017

Apa itu Institutional Repository?


"Institutional Repository"


Istilah apakah itu?

Apakah kalian mengetahui tentang repository?

Baiklah, jika kalian belum mengetahuinya maka saya akan memberi tahu kepada kalian semua secara langsung,singkat dan jelas  

Dari segi kata, institutional repository terdiri dari dua suku kata
Institutional     bersifat kelembagaan, yang berhubungan dengan lembaga
Repository       tempat penyimpanan
Berdasarkan arti kata tersebut, secara sederhana institutional repository adalah tempat penyimpanan yang berhubungan dengan lembaga tersebut.

Banyak universitas yang telah mempunyai institutional repositorynya, dimana pada suatu repository berisi jurnal-jurnal ilmiah, serta hasil penelitian karya milik universitas tersebut. Salah satunya Institutional Repository UIN Jakarta yang telah memuat banyak karya ilmiah.
Kalian bisa menjelajah berbagai karya ilmiah di Institutional Repository UIN Jakarta yang dapat dijadikan bahan rujukan dalam menulis karya ilmiah.

Dalam sistem pencarian, kalian bisa menjelajah menurut Issue Date, Author, Title, Subject maupun Submit Date.


Kalian juga bisa mencari koleksi ilmiah dengan memilih fakultas yang terdapat pada Institutional Repository UIN Jakarta, seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ulshuludin, Fakultas Syariah dan Hukum, serta beberapa fakultas lainnya.




Silahkan kunjungi http://repository.uinjkt.ac.id/dspace untuk mendapat informasi lebih lengkapnya, dan menjelajah berbagai karya ilmiah yang dapat digunakan secara bebas^^

No comments:

Post a Comment