Follow Us @riichan

Wednesday 27 December 2017

Proses Pembelajaran Harus Berbasis Riset



Dosen sebagai agensi utama dalam pembelajaran harus sangat inovatif dalam menjalankan proses pembelajaran di perguruan tinggi. Ridwan, dosen senior Universitas Negeri Jakarta mengatakan bahwa salah satu ciri mengajar dengan berbasir riset adalah mengetahui tokoh-tokoh dalam mata kuliah yang diampu. Pembelajaran yang baik bukan hanya menekankan pada kognitif semata, tetapi juga metakognitif. 

Bila kemampuan kognitif hanya memahami definisi dan teori dari suatu ilmu, metakognitif adalah kesadaran seseorang tentang bagaimana ia seharusnya belajar, kemampuan ia dalam menilai kesukaran suatu masalah, kemampuan untuk menelaah tingkat pemahaman dirinya, kemampuan mengaplikasikan berbagai informasi yang diperoleh untuk mencapai tujuan, serta kemampuan mengevaluasi kemajuan belajar sendiri.

Pembelajaran berbasis riset merupakan pembelajaran melalui pengalaman  nyata secara langsung dalam proses penelitian. Pada Pembelajaran ini akan memposisikan mahasiswa sebagai peneliti. Dosen akan memulai pembelajaran dengan sebuah pertanyaan yang cukup kompleks. Kemudian Mahasiswa akan mencari jawabannya dengan cara melakukan penelitian. Terakhir mahasiswa akan menyampaikan laporan penelitiannya untuk menjawab pertanyaan itu.


No comments:

Post a Comment