Follow Us @riichan

Monday 1 January 2018

Naik Turunnya Peringkat Perguruan Tinggi Di Webometrics


Apakah kalian tahu apa itu webometrics? Webometrics adalah salah satu sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan Tinggi terbaik di dunia melalui website universitas tersebut.

Pada Januari 2017 silam, Webometrics kembali merilis nama-nama perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan webometric 2017. Webometrics merilis sekitar 487 Perguruan Tinggi dengan menetapkan peringkatnya di tingkat nasional dan dunia. 

Pada Januari 2017, Universitas Gajah Mada (UGM) didaulat menjadi peringkat pertama di Indonesia, dan menempati peringkat 817 dunia. Sementara itu Universitas Indonesia (UI) menjadi runner up di peringkat webometrics Indonesia, dan menduduki 861 dunia. Peringkat ketiga ditempati Insitut Teknologi Bandung (ITB) yang juga menempati peringkat  987 dunia.

Namun, pada saat ini yakni Januari 2018 telah terjadi pergeseran pada peringkat webometrics. Posisi pertama ditempati oleh Universitas Indonesia (UI) peringkat Indonesia dan menempati peringkat 955 dunia. Universitas Gajah Mada (UGM) turun pada posisi dua Indonesia dan menempati peringkat 1004  dunia. Sementara ITB masih tetap bertahan pada posisi ketiga Indonesia dan menempati peringkat 1211 dunia.




Sementara pada Perguruan Tinggi Islam di Indonesia juga mengalami pergeseran.
Januari 2017, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menempati urutan ke 31 di Indonesia, dan urutan ke 3718 dunia. Selanjutnya UIN Sunan Ampel Surabaya menempati posisi ke 37 di Indonesia, dan urutan ke 3999 dunia. Sementara itu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menempel ketat UIN Surabaya di posisi ke 38 dan menempati urutan ke 4001 dunia. Dengan Peta pemeringkatan ini, UIN Jakarta, UIN Surabaya dan Malang menempati posisi ke 1, ke 2 , dan ke 3 diantara perguruan tinggi Keagamaan Islam Indonesia.

Pada Januari 2018, telah terjadi perubahan peringkat pada Perguruan Tinggi Islam.
UIN Syarif Hidayatullah menempati urutan ke 20 di Indonesia dan menempati urutan 3502 dunia. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menempati urutan ke 46 di Indonesia dan menempati urutan 4528 di dunia. Sementara UIN Sunan Ampel Surabaya turun jauh menjadi peringkat 48 di Indonesia dan menempati urutan 4591 di dunia. 




Berdasarkan data diatas, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tetap menjadi peringkat pertama dalam Perguruan Tinggi Islam Indonesia dan mengalami kenaikan peringkat di Indonesia dari peringkat 31 menjadi peringkat ke-20 Indonesia.



sumber :

http://webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20

http://lpm.uinjkt.ac.id/14-perguruan-tinggi-agama-islam-terindeks-pemeringkatan-webometrics



No comments:

Post a Comment