Follow Us @riichan

Wednesday 3 January 2018

Ada Apa Dengan Lantai 24 Perpustakaan Nasional?


Perpustakaan Nasional memiliki gedung perpustakaan baru, dimana pada setiap lantainya memiliki keunikan masing-masing. Adapun jumlah lantai pada gedung barunya ini mencapai 27 lantai dimana Perpustakaan Nasional ini merupakan Perpustakaan Nasional Tertinggi di Dunia. Pada tiap lantainya memiliki fungsi ruang yang berbeda-beda. Wow! Kebayang ga tuh seberapa tingginya gedung perpustakaan tersebut.
Kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai lantai yang berada di Perpustakaan Nasional, yaitu lantai 24.

Jika kalian bertanya-tanya "Kak kenapa sih mengambil pembahasan lantai 24? Kenapa gak lantai 2 aja yg deket? atau lantai 5, 6, atau 7 ? blablabla..."
Jawabnya adalah suka-suka saya 😎 wkwkwk 
Tidak segala hal bisa kamu lakukan sesuka hatimu, terkadang kamupun harus memikirkan kepentingan umum daripada hanya sekedar suka-suka pribadimu sendiri 😎 eaaa malah ceramah.
Kenapa saya membahas lantai 24? Karena saya tertarik dengan ruangan layanan yang ada di lantai 24. Langsung aja simak penjelasan saya di bawah ini 😊

Lantai 24 pada Perpustakaan Nasional merupakan tempat layanan koleksi budaya nusantara. Pada lantai 24 ini kalian bisa menemukan berbagai macam koleksi mengenai kebudayaan nusantara. 
Layanan koleksi budaya nusantara bersifat tertutup. Apa itu artinya tertutup? Tertutup artinya adalah tidak terbuka 😂 

Layanan ini bersifat tertutup yang artinya hanya pustakawan yang dapat mengambilkan koleksi pada rak yang dibutuhkan oleh si pengguna. Hal ini berarti si pengguna tidak diperbolehkan mengambil atau mencabut koleksi yang ada pada rak di layanan budaya nusantara ini. Untuk dapat mengakses koleksi yang ada di layanan budaya nusantara ini, pemustaka terlebih dahulu harus memiliki bon permintaan. Bon permintaan ini bisa didapatkan dengan mencari di katalog online / OPAC yang tersedia di lantai 2 gedung Perpustakaan Nasional. Setelah memiliki bon katalog yang di print, baru deh kalian bisa akses koleksi yang dilayankan di layanan budaya nusantara tersebut.

Apa yang menjadi daya tarik dari layanan budaya nusantara ini sih? 
Ko kayanya biasa banget ya cuma sekedar koleksi gitu-gitu aja 😶
Jawabannya yaitu terletak pada desain interior tata ruangnya. Ruangan disana dingin (karena pakai AC 😂😂😂 ), lalu selain dingin juga nyaman banget dan kesan pertama ketika kalian masuk ke ruangan layanan budaya nusantara ini kalian akan berdecak kagum. Wow, ternyata ada ya perpustakaan yang sekeren ini. Selain itu kalian pun bisa membaca sambil menikmati pemandangan yang ada di luar gedung. Kalian bisa membaca sambil melihat monas, karena memang gedung Perpustakaan Nasional yang baru ini lokasinya berdekatan dengan monas.


Jika kalian penasaran silahkan kunjungi Perpustakaan Nasional yang berada di Jl.Medan Merdeka Selatan No.11 Rt.11/Rw.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.
Berikut saya tampilkan beberapa foto yang saya ambil di lantai 24 layanan budaya nusantara.

















No comments:

Post a Comment